Orang Paling Menderita Sedunia

Monday, January 23rd, 2012

Assalamualaikum wrwb.

 

Sobat Nida, hayyoo… menurutmu siapa siih orang paling menderita sedunia? Orang yang baru putus cinta? Orang yang baru kerampokan? Orang yang dari lahir sampai meninggalnya tetap kere? Atau orang yang bagaimana?

Hmm… Kalau menurut Nida sih, orang yang paling menderita itu adalah orang yang punya akhlak jelek, soalnya dia bakal dibenci oleh manusia, penghuni alam semesta, dan juga Sang Pencipta. Derita dunia-akhirat deeh…

Nah salah satu akhlak jelek yang bikin kita menderita sepanjang hidup adalah sifat “Susah Melihat Orang Senang” alias ngiri bin dengki. Misalnya, ada teman dapat nilai ujian tinggi, kita malah sebel. Ada tetangga beli mobil baru, kita kesel. Ada sahabat yang berhasil menerbitkan buku, kita benci. Bahkan ada kenalan yang nikah duluan pun bikin kita keki. Pokoknya kalau melihat orang lain bahagia kita gak relaaa!!!

Menderita banget kan Sob? Bayangkan betapa menderitanya orang yang gampang iri dan dengki! Serba salah, serba susah, dia pengennya orang yang paling bahagia, paling hebat, paling beruntung, paling pantas dipuji, yaa cuma dirinya sendiri! Capee deeh…

Gak perlu nunjuk orang lain, yuk kita renungkan apakah diri kita termasuk orang yang susah kalau melihat orang lain senang? Apakah kita tidak bisa tulus mengucap selamat pada orang yang berbahagia? Apakah kita tidak mampu ikut tersenyum lebar saat mendengar kabar gembira dari orang-orang di sekitar kita? Apakah kita selalu tidak ridho kalah saing dari orang lain?

Memang sih ada juga rasa iri yang bagus, yaitu “ngiri” yang bikin kita terlecut dan termotivasi untuk lebih baik. Misalnya, melihat karya teman kita nongol di annida-online, trus kita nggak mau kalah, “Dia aja bisa tembus annida, berarti gue juga bisa!”

Akan tetapi, yang namanya “iri” memang harus dikelola dengan betul-betul Sob, kalau dia berkembang menjadi “dengki”, ini dia yang bikin derita! Nggak bisa melihat orang lain senang…

Gimana sih cara menetralisir rasa iri yang sering kali bikin kita nggak bisa menikmati hari? Berikut beberapa tips dari Nida:

  1. Selalu sadari bahwa setiap orang punya masalah dan kekurangan. Kalau kita ngiri melihat seseorang; Udahlah tajir, cakep, pinter, keren, paten… beuh, langsung aja bayangin bahwa orang tersebut sebenarnya punya masalah yang jauh lebih besar daripada yang kita hadapi! Hilang deh irinya…
  2. Pikirkanlah orang yang lebih “malang” daripada kita! Begitu kita merasa iri sama seseorang, coba netralisir rasa iri itu dengan mengingat begitu banyak orang yang tidak seberuntung kita. Mungkin ada lebih banyak orang yang iri pada kita, bisa jadi karena kita sehat, kita punya orangtua, kita punya tempat tinggal. Jangan sampai rasa syukur kita kalah dengan rasa iri!
  3. Yakinlah bahwa setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya! Hidup itu berputar silih berganti. Boleh jadi sekarang kita merasa iri pada seseorang, eeh nantinya malah kita merasa kasihan sama dia. Jadi buat apa sih membebani hati sendiri? Merengut terus tiap melihat kebahagiaan orang lain? Kalau kita yakin masa depan kita penuh harapan, nggak perlu deh memelihara rasa iri.
  4. Ingat selalu bahwa yang boleh bikin kita ngiri cuma 2 orang, siapa mereka?

    Dari Abdullah bin Mas-ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh hasad (ghibtoh) kecuali pada dua orang, yaitu orang yang Allah anugerahkan padanya harta lalu ia infakkan pada jalan kebaikan dan orang yang Allah beri karunia ilmu (Al Quran dan As Sunnah), ia menunaikan dan mengajarkannya.”

 

So, jangan sampai kita jadi orang paling menderita sedunia gara-gara susah melihat orang lain senang! Selamat membuang rasa iri hari ini…

 

Wassalam

http://www.annida-online.com/artikel-4923-orang-paling-menderita-sedunia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: