LOMBA SUKA-SUKA NOVEL “ARJUNA NGANGKUT BERAS”(DL 20 Februari 2012)

Thursday, January 26th, 2012

LOMBA SUKA-SUKA NOVEL “ARJUNA NGANGKUT BERAS”

by Nyi Penengah Dewanti on Wednesday, January 25, 2012 at 11:39pm
Hai hai haiiiii…..
Di hari yang cerah ceria kayak Bikini Bottom ini aku ingin membuat lomba lagi nih. Lomba Suka-Suka. Seperti yang kemaren aku adakan sewaktu Novel pertamaku yang berjudul “Paimo & Mak Jenun” keluar.🙂
Karena nama lombanya saja “Suka-suka”, jadi, perlombaannya nggak usah yang susah-susah. Yang penting bisa diikuti oleh orang banyak saja.
Dan… seperti inilah syarat-syaratnya:
  1. Berdomisili di Indonesia.
  2. Boleh diikuti oleh semua kalangan.
  3. Hasil penjurian tidak dapat diganggu gugat.
  4. Sudah berteman dengan Adminnya, yaitu: Ari Naicker. [Bagi yang belum, silakan di add dulu ya]
  5. Meng-copy paste catatan lomba ini di FB masing-masing {termasuk synopsis Novelnya}, dan men-tag minimal 20 teman FBnya {termasuk tag adminnya juga}, untuk kemudian, membuat resensi {atau istilahnya memberikan komentar} terhadap synopsis dari Novel Arjuna Ngangkut Beras, yang diletakkan di atas synopsis.
  6. Kasih lampiran berupa cover buku Novel Arjuna Ngangkut Beras di bawah synopsis. Bagi yang belum punya, bisa diambil di koleksi foto adminnya.
  7. Memasang cover buku Novel Arjuna Ngangkut beras sebagai PPnya, sampai pengumuman pemenang lomba diumumkan.
  8. Lomba ini dimulai tanggal 26 Januari, dan di akhiri tanggal 20 Februari (maaf agak lama, karena biar teman yang jarang buka FB tahu infonya)
  9. Hadiah: aku sediakan 3 buku Novel Arjuna Ngangkut Beras, buat 3 orang pemenang.
Kriteria pemenang, biar adil, maka aku bagi 3 juga:
  1. Catatan yang paling banyak di like teman-teman. Maka, ayo banyakin like-nya ya…🙂
  2. Catatan yang paling banyak coment-nya.🙂
  3. Catatan yang punya diskripsi/resensi yang paling bagus. Makanya, buat resensi yang bagus ya, kalau kalian tidak bisa menggapai poin yang 1 atau 2.🙂
Kemungkinan hadiah bisa bertambah, sesuai dengan peserta lomba.🙂
Dan ini dia synopsis Novelnya:
[[resensinya taruh di sini ya….]]
SINOPSYS :
“Bidadari dari gunung,” ejekku yang tak setuju kalau si Yasmini menggambarkan dirinya seperti Putri Cinderella. Bibirnya saja kayak gitu, yang bawah begitu maju ke depan seperti kapal, dan yang atas begitu merasuk ke dalam dan tipis seperti buntut cumi-cumi.
***
Empat perempuan bersahabat sejak masih seuprit. Markuntili, si pemberontak berhidung bengkak; Cuk, si binal berbibir tebal; Yasmini, si jaim bergigi gempil; dan Laule, si lugu bertubuh ngglujur kayak ular dan tipisnya minta ampun, yang sedang bimbang untuk menyerahkan “tempe bacem”-nya pada lelaki beristri.
Tapi diam-diam, dua di antara sahabat itu menyimpan rasa kagum pada seorang pemuda dari masa silam, Samin, seorang kuli pengangkut beras berambut brekele, yang mempunyai ingon-ingon berupa kethek ogleng edan. Ia pun menjadi buron sejak itu, sehingga harus melarikan diri ke luar kampung.
Lantas, kepada Yasmini atau Laulekah, Samin akhirnya jatuh cinta?
Atau, malah kepada kethek ogleng kesayangannya?
Ini baru namanya kisah kocak bin gokil! Seru dan sangat menghibur! Karya Om Sutanto Ari Wibowo Nendang Boto Limo Ora Popo Mung Gur Mlenthung Gedene Sak Prinsilane Sapi Brenggolo ini patut dibaca oleh siapa saja, karena tak hanya menyajikan guyonan khas penulisnya, tapi di novel ini juga berisi banyak sisi positif yang membangun!
Endorsement:
  1. “Wuih… hehehe, ini buku jenaka yang langsung saya baca sekaligus selesai. Karya si Om Sutanto ini penuh canda, penuh ekspresi bahasa daerah Jawa, penuh kejutan, dan sangat pintar! Dan, saya cukup tercengang dengan kisahnya. Sedari awal sampai akhir tak henti terselip kejailan penulis yang membuat cerita menjadi ‘ramai’, membikin pembaca ikut nimbrung dan seakan menjadi bagian dari temannya si Samin brekele. Penulisan yang lancar dan lucu!!!” (Rayni N. Massardi, pengarang).
  2. Novel berjudul “Samin” sungguh layak untuk dibaca bagi pecinta cerita komedi. Alur yang mengalir disertai lelucon segar khas sang penulis. Membuat novel ini menjadi hidup. pembaca seolah diajak penulis untuk berkomedi ria. karakter para tokoh dalam novel sangat dekat dengan keseharian kita. sehingga pembaca akan betah dengan tulisan yang sederahana dan ngocol abis ini. makanya jangan lewatkan novel “Samin” ini. Dijamin maknyus untuk membuat hidup lebih berwarna…! (Oke Sudrajat, Cerpenis)
  3. Kisah-kisah dalam novel ini penuh dengan deskripsi-deskripsi yang bikin ngakak. Terkesan tidak jaim dan tanpa tedeng aling-aling. Apa adanya dan awassss…! Perut Anda bakalan sakit!!! (Abednego Afriadi, cerpenis, penulis buku Status Pesbuk Paling Gokil).
  4. Membaca novel ini membuat aku geleng-geleng kepala. Kok ada yah cewek yang kayak begini? Dan, buat cewek yang membaca novel ini, bisa bernafas lega karena masih ada yang lebih aneh dari dirinya. Haha… (Andhika Wandana, Penulis Mission Pocongible)
  5. Gila nih buku. Selain ngocol, katakatanya renyah banget. Bikin aku ketagihan buat terus melahap isi bukunya. Pokoknya kalo udah ngakak, terpingkalpingkal, kelojotan, bikin aku lupa segalanya. Lupa mandi, makan, sampe utang di warung sebelah yang numpuknya naudzu billah juga ikut terlupakan. Nyesel deh kalo kalian cuma pegang doang!!! (Princes Shakilaraya, penikmat buku)
  6. Novel Samin ini adalah wujud imajinasi liar penulis yang diolah melalui proses kreatif sehingga mampu menyajikan novel humor yang khas, tidak pasaran dan sangat menghibur. Tokoh-tokoh yang diciptakan juga memiliki karakter kuat dan keunikan tersendiri yang semakin menambah nilai plus novel ini!!! (Qurotul Ayun, Cat Lover)
  7. Setelah membaca ‘Paimo & Mak Jenun’ yang membuat saya refresh, kini saya disuguhkan novel yang bener-bener bikin tambah suweger! Dijamin ngakak dot com! Penulis memberikan warna baru dalam kosakata yang nyeleneh bin wagu tapi menghibur dalam novel ini. (HW Prakoso, pemenang kuis ‘Paimo & Mak Jenun’, kontributor antologi DEARLOVE FOR KIDS #3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: