Business Plan and Marketing Idea Competition (BPMICA

Sunday, January 29th, 2012

Tahap pengajuan Proposal: 15-25 feb ’12
Peserta Lomba; Mahasiswa

pamflet bisa diperbesar

Business Plan and Marketing Idea Competition (BPMICA) adalah event nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT SUL-SEL) bekerjasama dengan Bhineka Organizer (Unit Usaha Mahasiswa UNHAS) dan MSC-EC Indonesia (Organisasi mahasiswa entrepreneur yang didirikan oleh mahasiswa UNHAS dan telah mendapat rekomendasi dari DIKTI melalui surat rekomendasi dari Wakil Rektor III UNHAS). BPMICA diharapkan menjadi sebuah event yang dapat berfungsi sebagai jembatan bagi mahasiswa/i nasional untuk membangun dan mengembangkan usahanya

Lomba Pembuatan Proposal Bisnis ini bertujuan untuk memotivasi, mengapresiasi, dan mengembangkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa/i. Panitia menyediakan total hadiah Rp 100.000.000,00 bagi pemenang. 1.500 Finalis diundang mengikuti Persentasi dan Temu Investor di Makassar, Sul-Sel.
1.500 FINALIS DIUNDANG KE MAKASSAR
Untuk menentukan pemenang nasional melalui 2 tahapan seleksi:

  • SELEKSI TAHAP I
Seleksi tahap pertama akan dipilih 1.500 proposal terbaik.
Aspek penilaian untuk tahap pertama meliputi aspek IDE dan aspek PROSPEK usaha.
Peserta yang proposalnya masuk dalam kategori 1.500 proposal terbaik ini akan diundang ke Makassar untuk mengikuti Persentasi di Dewan Juri dan Mengikuti Entrepreneurship and Holiday.
     Entrepreneurship and Holiday merupakan sebuah acara yang didesain khusus bagi peserta yang proposalnya termasuk dalam kategori 1.500 proposal terbaik, dengan tiga kegiatan utama yakni Belajar, Liburan, dan Temu Investor bersama Pengusaha di Toraja Sulawesi Selatan (Toraja merupakan icon Wisata Sul-Sel). Peserta juga berhak mengikuti seluruh rangkaian acara BPMICA termasuk kegiatan Pameran Usaha Mahasiswa Nasional 2012 yang akan diselenggarakan di CCC (Celebes Convention Center) dan akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga bersama Menteri Koperasi Republik Indonesia.
Catatan :
  • Bagi peserta yang termasuk dalam 50 proposal terbaik kategori IDE dan PROSPEK usaha, panitia akan menaggung biaya transportasi (tiket pesawat) dan akomodasinya selama kegiatan berlangsung.
  • 1.450 proposal dengan kategori IDE dan POSPEK usaha terbaik akan diundang ke Makassar, dengan biaya transportasi (Tiket Pesawat) dan akomodasi selama kegiatan akan diupayakan oleh panitia, partisipasi kampus masing-masing, dan peserta.
Beberapa hal yang akan dilakukan panitia agar peserta pada kategori 1.450 proposal terbaik ini tidak merasa terbebani dari segi transport dan akomodasi untuk hadir ke Makassar, adalah:
  • Panitia masih berusaha semaksimal mungkin untuk mencari tambahan biaya dari sponsor.
  • Panitia akan menyurat ke pimpinan kampus masing-masing peserta yang proposalnya masuk kategori 1.450 ide dan prospek usaha terbaik, dan meminta kerjasama dengan pimpinan kampus tersebut untuk membantu memfasilitasi mahasiswanya selaku finalis untuk mengikuti persentasi di depan dewan juri di Universitas Hasanuddin, Makassar Sulawesi Selatan.
  • Panitia akan mengirimkan Proposal Sponsorship Kegiatan ini, yang dapat diajukan peserta ke perusahaan perusahaan di daerahnya masing-masing yang berpeluang untuk bersponsor pada kegiatan ini. Uang yang diperoleh oleh peserta melalui sponsor di daerahnya ini, dapat digunakan untuk biaya transportasi dan akomodasinya mengikuti kegiatan ini.

 

  • SELEKSI TAHAP ke-II
Seleksi Tahap ke Dua, dilakukan dengan persentasi langsung di depan Dewan Juri, di Universitas Hasanuddin, Makassar. Pada Tahap ini seluruh peserta yang lulus seleksi tahap pertama diberikan kesempatan persentasi di Depan Juri

Dewan Juri akan menilai, 1. Ide bisnis 2. Modal 3.

TROPHY DAN PENGHARGAAN
Panitia menyediakan total hadiah senilai 100 Juta Rupiah, Trophy dan penghargaan kepada para pemenang Business Plan Competition nasional
WAKTU, CARA DAN BIAYA PENDAFTARAN
Syarat Peserta :
Terbuka bagi seluruh mahasiswa/i di semua perguruan tinggi negeri maupun swasta yang masih aktif melakukan perkuliahan dan belum menyandang status sarjana (S.1).
Waktu dan Biaya Pendaftaran :
Pendaftaran dapat dilakukan hingga tanggal 10 februari 2012.
Biaya pendaftaran : 
  • sampai 15 januari 2012 Rp 120.000
  • 16 januari hingga 31 januari 2012 Rp 135.000
  • 1 februari hingga 10 februari 2012 Rp 150.000
Biaya pendaftaran berlaku untuk peserta Individu / Tim (1 Tim maksimal 2 orang).
Biaya Pendaftaran melalui Rekening Panitia
No Rekening Bank Panitia:

 

  • BNI No. Rekening 0161056878 atas nama Hamzah, Cab Kota Makassar
  • BTN No. Rekening 0007501500108232 atas nama Hamzah, Cab Kota Makassar
  • bsm No. Rekening 1767007871 atas nama Hamzah, Cab Kota Makassar
Setelah melakukan pembayaran silahkan melakukan konfirmasi via web dengan mengklik menu KONFIRMASI  KLIK DISINI..

Fasilitas

Fasilitas bagi peserta Business Plan Competition:
1.    Peserta gratis mengikuti Entrepreneurship School (Sekolah Kewirausahaan) selama 1 pekan, materi berkala, via on line (website). Dengan fasilitas:

  • Video dan Modul Training Lengkap Seputar Kewirausahaan(Cara Memulai Bisnis).
  • E-Book Lengkap tentang profile pengusaha dan cara mereka membangun bisnisnya.

2.    Sertifikat Nasional Lengkap dengan Foto masing-masing Peserta, Sertifikat ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

FORMAT PENULISAN PROPOSAL ( http://bpmica.com/index.php?option=com_content&view=article&id=151 )

 

TAHAP PENGIRIMAN DAN PENGUMUMAN
Pengajuan proposal bisnis dilakukan pada tanggal 15 februari – 25 februari 2012 CAP POS
Pengajuan Proposal:
  1. Softcopy dengan cara mengauload via Website
  2. Hardcopy 3 rangkap dikirim kesekretariat panitia,
Alamat Jl. Perintis Kemerdekaan VII. BTN Asal Mula Blok E3 No. 01,Kec.Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia 90245.
PENGUMUMAN1.500 Proposal yang lulus tahap I akan diumumkan pada tanggal 1 April 2012 dan akan diundang ke Makassar untuk mempresentasikan proposalnya di depan Dewan Juri.

CP: 085398292262

more info: www.bpmica.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: