mendadak editor

Friday, January 18th, 2013

Dear writers!

Punya mimpi menjadi editor? Nih, LeutikaPrio punya event menarik yang wajib kalian ikuti, event Mendadak Editor.

 

Apa sih sebenarnya tugas editor itu? Tugas editor di setiap penerbit tidak sama persis, namun kurang lebih mereka memiliki jobdesk sebagai berikut: menyaring naskah yang masuk, mempertimbangkan nilai komersial dari sebuah naskah, memprediksi naskah yang sedang populer, mencari tema yang disukai pembaca, membuat konsep naskah, mencari penulis yang sesuai, memberi masukan kepada penulis, merencanakan promo, dan sebagainya. Keberhasilan seorang editor akan diukur dari berapa banyak buku yang terjual dari buku yang telah mereka terbitkan.

 

Di event Mendadak Editor ini, kalian nggak perlu mencari naskah, LeutikaPrio sudah menentukan satu naskah Mencintai Langit yang butuh kalian jenderali supaya sukses di pasaran. Lalu, apa saja yang harus kalian lakukan di sini? Simak penjelasan berikut!

 

Tugas utama seorang editor adalah menyukseskan penjualan buku. Meskipun pemasaran adalah tugas seorang marketing, tetapi kesuksesan sebuah buku terletak di pundak seorang editor. Selain harus bisa memprediksikan sebuah naskah yang menarik untuk pembaca, mereka juga harus memiliki kemampuan lain yang bisa mendukung supaya naskah laku terjual lebih banyak. Dalam event ini akan ada dua tugas untuk kalian:

 

1. Memberi masukan supaya novel Mencintai Langit lebih oke. Ya, selain mencari naskah, tugas editor adalah memberi masukan kepada penulis supaya naskahnya lebih menarik dan lebih laku di pasaran. NovelMencintai Langit ini sudah bagus, buktinya terpilih sebagai a recommended book. Di dalam event ini, tugas kalian adalah memberi masukan supaya naskah ini lebih keren dan lebih laku di pasaran. Masukan yang diberikan ini meliputi:

 

  • Konten naskah, apa saja yang perlu diperbaiki supaya naskah lebih baik. Dalam hal ini, masukan yang dimaksud berkenaan dengan isi naskah: alur, karakter tokoh, bagaimana sebaiknya awal dan ending cerita, dan lain-lain. Masukan bukan berupa edit aksara, sebab edit aksara adalah tugas seorang pemerhati aksara. Kalian harus memberikan masukan secara detail, apa saja yang perlu diubah beserta alasan kenapa harus diubah. 
  • (Poin kedua ini tidak wajib) Kalian juga bisa memberikan masukan dalam hal tampilan naskah, baik itulayout-nya maupun kover. Jika menurut kalian kover kurang menarik, maka kalian dapat memberi masukan bagaimana supaya naskah ini mempunyai tampilan yang lebih menarik namun tetap dengan bujet yang memungkinkan. Saran ini harus disertai alasan juga, kenapa harus diubah atau kenapa tidak diubah.

 

2. Selain memberikan masukan untuk naskah, kalian harus membuat event promo yang sesuai untuk buku Mencintai Langit. Karena keberhasilan sebuah buku diukur dari banyaknya buku yang terjual, maka promo sebuah buku pun menjadi tanggung jawab seorang editor. Event promo yang kami maksud adalah eventonline. Kalian diharapkan membuat promo secara detail sampai pelaksanaannya. Misalnya:

Supaya naskah lebih laku, 1) saya akan membuat kuis untuk buku mencintai langit di FB, 2) kultweet tentang buku Mencintai Langit, 3) tweetalk dengan penulis Mencintai Langit.

 

Dalam hal ini, kalian juga harus membuat soal kuis, berapa kali akan dilaksanakan, dan alasannya. Demikian juga dengan kultweet dan tweetalk, kalian harus membuat kumpulan tweet dan pertanyaan untuk penulis.

 

Nah, sudah paham dan punya bayangan? Sekarang kita bahas syarat mengikuti event ini. Cekidot:

Syarat:

  1. Kalian harus memiliki novel “Mencintai Langit”, sebab kalian harus mengulas habis novel ini.
  2. Kirimkan karyamu minimal 3 halaman dengan format A4, TNR 12, spasi 1,5 dan margin 3-3-3-3 kata.
  3. Kirim naskah ke eventleutika@hotmail.com dengan subject “Mendadak Editor (spasi) nama kamu”. Naskah dikirim dalam bentuk attachment, bukan di badan email.
  4. Lengkapi karyamu dengan biodata (nama asli, nama pena, akun Twitter, alamat surat, email, FB, no telp/HP yang bisa dihubungi).
  5. Untuk memudahkan proses download, naskah dan biodata dikirim dalam satu file doc., jangan mengirimkannya dalam bentuk file yang terpisah-pisah.
  6. Setiap karya yang dikirim ke selain email di atas, tidak kami data dan dianggap tidak sah.
  7. Kirim karya kalian antara tanggal 21 Januari – 28 februari 2013

 

Hadiah:

1.    Pemenang pertama akan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 750.000,- penerbitan senilai Rp 300.000 dan paket buku dari LeutikaPrio atau LeutikaBooks senilai Rp 150.000.

2.    Pemenang kedua akan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 500.00,- voucher penerbitan senilai Rp 250.000 dan paket buku dari LeutikaPrio atau LeutikaBooks senilai Rp 125.000.

3.    Pemenang ketiga akan memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 250.000,- voucher penerbitan senilai Rp 200.000 dan paket buku dari LeutikaPrio atau LeutikaBooks senilai Rp 100.000.

 

Siap menjadi editor? Buruan tes kemampuanmu di sini! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: